Tips Memilih Teko Pemanas Air Yang Tepat

3 min read

Teko Pemanas Air

Membuat sajian makanan atau minuman instan bisa kamu lakukan dengan cepat hanya dengan air panas. Baik dirumah maupun di kantor, kamu bisa membuat makanan atau minuman dengan gampang. Ada berbagai cara untuk mendapatkan air panas. Bisa melalui kompor, dispenser, dan teko air. Untuk kebutuhan yang praktis, teko pemanas air listrik menjadi salah satu pilihan terbaik.

Teko listrik sering digunakan untuk memanaskan air dalam jumlah sedikit seperti membuat teh, kopi atau minuman hangat lainnya. Teko Pemanas jenis ini menggunakan listrik sebagai sumber dayanya, sehingga penggunaan teko listrik ini lebih aman dan lebih mudah digunakan dibandingkan jika memasak air menggunakan kompor gas.

Tidak hanya memasak air, Teko pemanas yang bersumber dari listrik sekarang ini juga memiliki fitur tambahan dan desain yang menarik. Saking banyaknya pilihan yang disediakan, sering membuat bingung ketika ingin membeli sebuah teko listrik. Dsini akan dibahas bagaimana memilih teko listrik yang tepat bagi kamu. Mari mencari hal yang harus diketahui sebelum memilih teko listrik.

Perkirakan Banyaknya Air Yang Kamu Butuhkan

Teko Pemanas Air

Pertama, anda harus memperkirakan seberapa air yang akan anda butuhkan untuk membuat sesuatu. Sebagai contoh, segeleas kopi membutuhkan kurang lebih sekitar 140ml air dan 1 bungkus mie instan membutuhkan 400-600 ml air. Ditambahkan kebutuhan-kebutuhan lain yang memungkinkan kamu akan membutuhkan 1 liter air panas setiap harinya.

Agar tidak repot untuk memanaskan air secara berulang-ulang, disarankan untuk membeli teko yang mempunyai ukuran sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semisal, ukuran teko pemanas air listrik bisannya berkisar antara 500 mililiter sampai 1500 mililiter. Sedangkan jika kamu membutuhkan kapasitas lebih besar, semisal lebih dari 2 liter, akan lebih baik jika menggunakan termos listrik karena kapasitasnya yang lebih besar.

Memperhatikan Bahan Teko

Teko Pemanas Air

Tidak seperti teko yang dipanaskan di atas kompor, teko listrik sering digunakan di tas meja . suhu teko dan uap panas ynag keluar bisa saja melukai kamu dan keluargamu sehingga kamu perlu berhati-hati dan menaruh teko di tempat yang aman.

Teko listrik dengan bahan PP atau polipropilena, yang pastinya bukan pulang pergi, lebih sulit menghantarkan panas. Tidak seperti teko yang dipanaskan di atas kompor, teko listrik sering digunakan di tas meja . suhu teko dan uap panas ynag keluar bisa saja melukaimu dan keluargamu sehingga kamu perlu berhati-hati. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk yang bisa memiliki lapisan ganda, dimana panas tidak merambat ke luar teko. Sebaiknya kamu juga memliih teko pemanas air listrik yang tidak mengeluarkan uap atau steamless.

Keamanan Teko Listrik

Teko Pemanas Air

Bagi kamu yang tinggal serumah dengan anak kecil, tentu kemanan adalah hal yang harus diutamakan dan diperhatikan ketika membeli sebuah teko. Oleh karena itu disini juga akan dibahas tentang keamanan sebuah teko. Sebagai alat pemanas air yang canggih, teko listrik ini juga dilengkapi fitur-fitur dengan kegunaan yang berbeda satu dengan lainnya.

Akan sangat menenangkan ketika teko listrik yang kita memiliki juga mempunyai pengaman yang bisa mencegah tumpahnya air. Terutama jika ada anak kecil yang sering berlarian kesana kemari dan tertawa. Eh, jadi malah jadi lirik lagu. Anak- anak yang sering bermain tanpa memperhatikan sekitarnya membuat kita jadi was-was jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Terkena air panas ketika teko pemanas air ini tersenggol dan jatuh menjadi hal yang tidak diinginkan. Fitur anti tumpaj yang ada di teko listrik berupa safety lock sangat membantu mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Dimana tombol safety lock harus dilepaskan ketika kita hendak menuangkan air.

Selain kemungkinan tumpahnya air panas, kebanyakan dari kita sering lupa memasukkan air ke dalam teko dan menyalakannya. Hal ini dapat mengakibatkan kebakaran apabila dibiarkan. Dibawah teko ada alat atau fitur anti pemanasan. Dimana fitur ini sangat berguna untuk menghindari pemanasan yang berlebih.

Teko listrik memanaskan air menggunakan daya listrik. Kecepatan merebusnya begantung pada daya listrik yang digunakan, Meskipun tidak terlalu berbeda jauh pengaruhnya dalam hal waktu. Seperti konsep teko pemanas air lainnya, jumlah air yang dipanaskan juga berpengaruh pada waktu perebusan air. Semakin banyak air yang direbus, semakin lama air akan mendidih.

Jika ingin merebus air di teko listrik dengan cepat, maka pilihlah teko dengan daya konsumsi listrik yang lebih besar. Namun dalam hal ini kamu juga harus mempertimbangkan biaya listrik yang nantinya akan kamu bayar. Jangan sampai hanya karena ingin lebih cepat dan praktis, tunggakan atau biaya listrik menjadi lebih besar dan tidak bisa dibayar.

Memanaskan air dengan menggunakan teko listrik sangat praktis, namun sedikit merepotkan ketika air yang sudah kamu rebus kembali dingin dan harus dipanaskan ulang. Selain membuang waktu,kamu sudah membuang listrik sia-sia. Jadi, alangkah baiknya kamu bisa memilih teko listrik yang mampu mempertahankan suhu air sehingga tidak harus berkali-kali memanaskan air dan membuang listrik.

Bentuk Mulut Teko

Teko Pemanas Air

Setiap teko memiliki bentuk mulut masing-masing dan juga mempunyai fungsinya masing-masing. Tergantung tingkat kemananan yang dibutuhkan. Bentuk mulut teko pemanas air pada umumnya berbentuk segitiga., dimana mulut teko ini berada di bagian atas.

Meskipun bentuk mulut seperti ini sedikit membuat kita kerepotan saat menuang air karena harus diangkat agak tinggi. Tapi bentuk ini lebih aman dari bentuk yang lain. Saat berada pada posisi ini, air lebih sulit tumpah meskipun tidak sengaja terjatuh. Bentuk seperti ini juga tidak memerlukan banyak ruang di tempat penyimpananmu.

Selain bentuk mulut segitiga, juga ada bentuk leher angsa yang digunakan untuk membuat kopi. Karena untuk membuat kopi yang enak, air panas harus dituangkan sedikit demi sedikit secara perlahan. Bentuk leher angsa di teko listrik ini sangat membantu cara kerja tersebut. Oleh karena itu, bagi kamu para penikmat kopi yang ingin memeli teko listrik untuk kebutuhan tersebut, disarankan membeli teko dengan bentuk leher angsa. Desainnya pun elegan dan mewah, cocok juga untuk di upload ke stories media social.

Kenyamanan Saat Menggunakannya

Teko Pemanas Air

Kebanyakan orang sering melupakan sesuatu yang detail saat ingin membeli teko pemanas air berdaya listrik. Yaitu kabel panjang yang tersedia. Kebutuhan kabel juga disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kabel terlalu panjang atau terlalu pendek, bisa jadi hal itu merepotkan kamu untuk menggunakannya dan yang jelas dapat mengurangi kenyamananmu saat memakai. Bukannya jadi praktis tapi malah jadi ribet.

Beberapa produk memiliki penempatan kabel yang tidak baik dan ukuran yang tidak pas. Sehingga membuat teko listrik ini menjadi tidak stabil ketika ditempatkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Disarankan untuk mengecek penempatan kabelnya juga saat ingin membelinya.

Teko listrik ini tersedia berbagai macam produk dan desainnya yang banyak diproduksi oleh manufaktur. Masing-masing memiliki kualitas dan keunggulan yang berbeda pula. Semuanya akan tepat bila digunakan sesuai dengan kebutuhan. Setelah membaca artikel ini, pastikan tujuan dan kebutuhanmu agar tidak salah memilih teko listrik yang tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *