Alergi Susu Sapi, Yuk Coba Susu Kedelai Bubuk yang Kaya Manfaat!

3 min read

5 Rekomendasi Merk Susu Rendah Laktosa

Susu merupakan salah satu menu wajib dalam skema 4 sehat 5 sempurna. Memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan anak anak maupun orang dewasa. Bagi anda yang alergi terhadap susu sapi, anda bisa mengonsumsi susu kedelai bubuk yang terbuat dari sari kacang kedelai. Meski bukan produk dairy alami, kandungan nutrisi dan gizi susu kedelai tidak kalah berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan.

Susu sari kedelai sebenarnya dihasilkan dari sederetan proses, mulai dari perendaman, penggilingan, hingga perebusan kacang kedelai. Ekstrak kedelai yang kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya sangat rendah ini, sudah terbukti tidak akan memicu alergi pada anak anak. Lalu apa saja manfaat susu sari kedelai yang wajib anda tahu? Mengapa anda harus konsumsi susu kedelai? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Ini Dia 12 Manfaat Susu Sari Kedelai bagi Semua Kalangan Usia

1. Membantu menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

Satu cangkir susu sari kedelai ternyata hanya mengandung sedikit kalori, yaitu 4,5 gram lemak, 8 gram protein, dan 12 gram karbohidrat. Karena itu susu kedelai menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai menu diet (program penurunan berat badan) yang sehat. Terbuat dari bahan sari kedelai sehingga cocok dikonsumsi oleh vegetarian, karena kandungan asam lemaknya mampu membantu pencernaan dalam menyerap lemak pada usus.

2. Menambah asupan protein bagi anak anak penderita autisme

asupan protein bagi anak anak

Anak anak yang menderita autisme tidak dianjurkan untuk mengonsumsi protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein), yang sulit dicerna. Hal ini disebabkan karena zat kasein dan glutein dapat memicu mereka menjadi lebih hiperaktif. Oleh karena itu penderita autisme sangat disarankan untuk memilih susu kedelai bubuk, sebagai pengganti susu sapi atau susu formula agar tidak kekurangan asupan mineral, vitamin, dan protein.

3. Menyamarkan flek hitam pada wajah

flek hitam pada wajah

Bintik bintik hitam yang muncul karena efek penuaan dini atau paparan sinar UV berlebihan, ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi susu sari kedelai. Bagi anda yang memiliki masalah flek hitam pada wajah, sangat dianjurkan untuk minum sari kedelai segar atau membeli susu kedelai dalam kemasan contohnya susu Melilea yang tersedia di ralali.com. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi sari kedelai secara rutin serta rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

4. Menyembuhkan migrain dan sakit kepala

migrain dan sakit kepala

Perlu diketahui bahwa serangan migrain lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki, karena siklus hormonal yang berubah-ubah. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat kimia berbahaya, anda bisa mengatasi migrain dengan konsumsi susu sari kedelai secara rutin.

taSusu dari sari kacang kedelai ini berfungsi sebagai obat sakit kepala yang alami, dan tentunya lebih murah dan aman dibandingkan obat-obatan dari dokter.

5. Mengurangi resiko osteoporosis

osteoporosis

Tidak kalah dari susu sapi segar, susu kedelai bubuk juga mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Jangan menunggu hingga lanjut usia, anda bisa mengurangi resiko penyakit manula ini sejak usia remaja bahkan anak anak dengan cara mengonsumsi susu sari kedelai secara teratur. Jika belum pernah merasakan susu kedelai, anda bisa mencoba sari kedelai segar yang dijual dalam porsi plastik 100 ml sebelum membeli susu bubuk kemasan.

6. Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular

penyakit kardiovaskular

Manfaat susu kedelai untuk mencegah penyakit kardiovaskular mungkin belum banyak diketahui. Sari kedelai ternyata mengandung vitamin B6, asam folat, vitamin E, dan magnesium, yang sangat ampuh mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, serta mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan segudang manfaat ini, tentu saja susu sari kedelai sebaiknya menjadi menu harian wajib di keluarga anda.

7. Mencegah penyakit anemia

Anemia

Susu sari kedelai banyak diminati oleh vegetarian sebagai pengganti menu telur dan susu sapi. Asupan vitamin B12 yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah, bisa didapatkan dari susu sari kedelai atau susu kedelai bubuk. Dengan konsumsi secara rutin, anda akan merasakan manfaat baik sari kedelai untuk mencegah anemia atau penyakit kurang darah.

8. Menurunkan resiko kanker prostat

kanker prostat

Karena kaya akan kandungan mineral, protein, vitamin, dan selenium, susu sari kedelai juga ampuh menurunkan resiko penyakit kanker, salah satunya adalah kanker prostat. Kandungan fitoestrogen pada sari kedelai ini terbukti dapat menurunkan kadar terosteron pada pria, dan otomatis mencegah resiko terkena penyakit kanker prostat.

9. Mengurangi nyeri pra menstruasi

Menstruasi

Bagi anda para perempuan yang sering mengalami gejala pra menstruasi misalnya sakit perut yang cukup mengganggu, sebaiknya biasakan konsumsi susu sari kedelai secara rutin. Kandungan kalsium dan magnesium pada sari kacang kedelai ternyata sanggup mengurangi rasa nyeri pada gejala pre menstruasi. Dengan konsumsi susu kedelai secara teratur, dijamin anda akan terhindar dari nyeri PMS yang menghambat aktivitas harian dan pekerjaan.

10. Mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah

minyak berlebih pada wajah

Selain berkhasiat untuk mencegah penyakit penyakit yang membahayakan, susu kedelai bubuk juga bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Minum susu sari kedelai secara rutin ternyata mampu memperbaiki serat elastin, membantu produksi kolagen, dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Sari susu kedelai dapat menutrisi kelembaban kulit, sehingga kulit wajah tampak lebih segar dan tidak kusam.

11. Mengurangi rasa mual bagi ibu hamil

rasa mual bagi ibu hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan banyak nutrisi yang lengkap, untuk membantu tumbuh kembang janin yang sehat. Namun jika ibu hamil sering mengalami mual mual dan alergi terhadap susu, maka solusinya adalah memenuhi asupan gizi dengan konsumsi sari kedelai secara rutin. Kandungan asam folat, omega 3, protein, kalsium, dan beragam mineral penting lainnya bisa didapat dari susu kedelai.

12. Merawat kesehatan rambut

Kesehatan rambut

Segudang khasiat susu kedelai untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk juga untuk merawat keindahan rambut sebagai mahkota perempuan. Konsumsi susu kedelai secara rutin ternyata mampu menutrisi rambut, sehingga terhindar dari masalah seperti rambut rontok, rambut kering, serta mampu membuat rambut menjadi lebih berkilau dan sehat.

Sari susu kedelai yang kaya manfaat ini bisa didapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar anda. Jika lebih menyukai sari kedelai segar, Anda bisa membelinya di minimarket, pasar tradisional, atau menunggu penjual sari kedelai keliling yang umumnya berjualan di kompleks perumahan. Atau membeli susu bubuk kemasan untuk dikonsumsi bersama seluruh anggota keluarga anda.

Meski terbuat dari sari kacang kedelai, namun produk susu kedelai sudah sangat populer karena kandungan gizi dan nutrisinya yang tidak kalah baik dari susu sapi. Sari susu kedelai yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, sangat cocok dikonsumsi segala usia dan tidak memicu gejala alergi terutama bagi anak anak, ibu hamil dan ibu menyusui. Apakah anda sudah minum sari susu kedelai hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *