10 Desain Sekat Ruang Tamu yang Simpel & Cantik

3 min read

Ini Dia 10 desain Sekat ruang Tamu yang Simpel dan Cantik

Selain interior ruangan, salah satu komponen dalam sebuah rumah yang paling di perhatikan adalah sekat ruang tamu itu sendiri. Harus dibuat dengan desain yang indah dan sesuai proporsinya.

Nah, masih bingung seperti apa memilih desain yang tepat untuk sekat ruangan tamu Anda, ini dia 10 desain sekat yang sederhana namun tetapi memiliki visual yang cantik dan indah.

Sekat Kayu dengan Desain Lemari

11.PNG
Sekat Kayu dengan Desain Lemari

Pembatas kayu saat ini sudah banyak terlihat di rumah-rumah yang menggunakan sekat dalam ruang tamunya. Selain memiliki nilai estetika, sekat tersebut memiliki nilai penggunaan. Sehingga Anda dapat menaruh beberapa hal yang di inginkan untuk menambah keindahan dari sekat tersebut. Penambahan vas bunga hias sangat cocok sebagai penambah nilai seni.

Kemudian buku koleksi terbaru juga dapat di tambahkan dalam rak dan beberapa barang lainnya. Desain seperti ini sangat sederhana namun unik. Sehingga cocok jika di gunakan untuk ruang tamu yang sedikit agak luas. Apabila di lihat dari harganya, maka sekat dengan desain seperti ini memiliki harga dengan kisaran 2 hingga 2,5 juta rupiah. Cek Sekat Kayu dengan Desain Lemari Selengkapnya

Sekat dengan 3D Vintage

22.PNG
Sekat dengan 3D Vintage

Memiliki keunikan tersendiri dan merupakan sekat ruang tamu yang juga sering di jumpai. Dengan menggunakan sekat model ini, maka ruang tamu tak lagi terlihat monoton atau pun membosankan. Bahan yang di gunakan juga tidak kaku. 3D vintage menggunakan bahan Pvc plastik sehingga lebih lentur. Apabila Anda melakukan pembelian, maka setiap satu set akan mendapatkan 4 buah untuk masing-masing warna.

Ada yang hanya terdiri satu warna, tetapi ada pula yang dalam satu set memiliki lebih dari satu warna. terkait dengan harganya berada pada kisaran 100 ribu hingga 150 ribu saja. Simpel dan menarik.

Sekat Desain Bambu

Sekat Desain Bambu

Sebagai sekat pada ruang tamu, bambu dapat di gunakan. Bambu yang di susun sejajar dengan bentuk sama dan panjang sama kemudian di berikan bingkai sebuah kayu akan memberikan nuansa minimalis dan unik pada ruang tamu. Bambu tersebut harus terlebih dahulu di bersihkan, lalu di warna sesuai dengan warna natural bambu.

Kemudian pemilihan warna yang terdapat pada kayu juga harus tepat. Kayu sebagai bingkai harus memiliki warna yang lebih gelap di bandingkan dengan warna bambu namun masih tetap dalam rumpun yang sama yaitu cokelat.

Sekat Interior Tradisional

Sekat Interior Tradisional

Di desain mirip seperti yang ada pada rumah zaman dahulu memberikan kesan sejuk di lihat dan seperti memiliki nilai sejarah tersendiri. Namun, meskipun tradisional, sekat tersebut tetap di balut dengan nilai-nilai estetika yang modern, sehingga jika dilihat maka sekat memiliki nilai seni yang tinggi.

Sekat Kayu Desain Pintu

55.PNG
Sekat Kayu Desain Pintu

Memiliki kesan tradisional namun juga minimalis. Penggunaan sekat model seperti ini, haruslah di sesuaikan dengan kondisi ruang tamu, baik desainnya dan ukuran luasnya. Sekat ini terbuat dari kayu yang di desain hampir mirip dengan sebuah pintu bahkan juga terdapat engsel. Hal tersebut berguna agar sekat dapat di pindah dan dilipat. Sekat Kayu Desain Pintu

Baca Juga: Ciptakan Dapur Minimalis Dengan Rak Piring Kayu Unik dan Elegan

Sekat Kayu Pintu Terpasang

66.PNG
Sekat Kayu Pintu terpasang

Kalau sebelumnya adalah sekat dengan desain yang menyerupai pintu, untuk selanjutnya adalah sekat berupa pintu namun tetap unik dan memiliki nilai seni. Hal tersebut dikarenakan penyusunan pintu tersebut memang berbeda dengan pintu pada umumnya. Sehingga sekat pintu terpasang menambah keindahan dari ruang tamu. Pemisah ruangan seperti ini langsung memisahkan antara ruang tamu dengan ruang yang lainnya.

Sekat Ruang Bahan Kayu Buppet

77.PNG
Sekat Ruang Bahan Kayu Buppet

Jika dilihat secara sekilas, sekat tersebut sangat memperlihatkan gaya minimalisnya. Keindahan yang di tampilkan akan lebih bagus jika di dukung dengan desain rapi dari ruang tamu.

Ruang tamu dengan ukuran besar dapat menggunakan sekat model seperti ini. Sedangkan untuk ruang tamu yang berukuran kecil, sebaiknya menghindari sekat seperti ini karena tidak memiliki kecocokan. Bagi ruang tamu yang kecil, sekat seperti ini, akan terlihat memenuhi ruang tamu sehingga memberikan kesan sempit.

Sekat Bahan Cermin Padu

88.PNG
Sekat Bahan Cermin Padu

Terbuat dari bahan kaca merupakan sekat pada ruang tamu yang baru-baru ini banyak diminati. Cermin yang di bentuk persegi panjang dengan ujung setengah lingkaran memiliki nilai estetika yang tinggi serta minimalis dan sederhana.

Ruang tamu yang cocok menggunakan sekat seperti ini adalah ruang tamu dengan ukuran sedang tidak terlalu besar. Karena sekat sendiri berukuran minimalis dan simple. Pemisah ruangan seperti ini umumnya di gunakan untuk ruang tamu yang memiliki desain modern namun tetap sederhana.

Sekat Bahan Kaca

Sekat Bahan Kaca

Sekat pemisah yang menggunakan bahan kaca memang memiliki keunikan yaitu dengan sifat kaca yang transparan. Desain ini sering dikombinasikan dengan bahan lain namun tepa saja kaca menempati posisi dominan. Desain sekat kaca pada ruang tamu cocok di gunakan untuk keadaan ruang tamu yang luas. 

Karena jika ruang tamu kecil kemudian di beri sekat berbahan kaca maka, akan nampak sedikit tidak rapi. Selanjutnya dikarenakan sifat kaca yang transparan, sehingga saat menggunakan sekat dengan bahan ini, usahakan ruang yang berada di sebelah kanan dan kiri sekat benar-benar tertata rapi.

Sekat Portable

Sekat Portable

Di kebanyakan rumah saat ini menggunakan sekat portable. Sekat portable memiliki bahan terbuat dari kayu dengan sedikit jenjang rak. Rak yang berada pada sekat ini bukanlah untuk menaruh buku, melainkan untuk menaruh koleksi unik atau langka. Pada umumnya saat menggunakan sekat portable, tidak semua rak di isi barang unik, melainkan hanya sebagian saja dan posisinya di selang-seling.

Sekat portable ini memang nampak sekali minimalis dan sederhana, cocok untuk di gunakan pada ruang tamu yang tidak terlalu luas. Ruang tamu yang terlihat rapi di pengaruhi oleh sekat yang cocok dengan ruang tamu. Terkait dengan warna dari sekat portable dapat di sesuaikan dengan waran sofa atau pun warna dinding pada rumah tamu.

Itulah beberapa desain sekat ruang tamu yang bisa di gunakan untuk ruang tamu Anda. Adanya sekat pada ruang tamu sangat penting, karena dapat di gunakan sebagai pembatas dan juga sebagai menutupi ruangan lain saat ada tamu. Beberapa desain unik tersebut dapat diperoleh dengan harga yang wajar.

Bahkan jika Anda orang yang suka memanfaatkan barang-barang bekas dan sebagainya, dapat membuat sendiri sekat ruang tamu yang minimalis namun tetap memiliki unsur modern. Seperti desain bahan kayu yang memiliki bentuk kombinasi bupet dan rak, dapat di desain dengan keinginan Anda sendiri sehingga sesuai dengan apa yang di inginkan.

One Reply to “10 Desain Sekat Ruang Tamu yang Simpel & Cantik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *