Lem Untuk Kain Sebagai Solusi Cepat & Murah

3 min read

Jenis-jenis Lem Untuk Kain yang Berkualitas

Bagi pengrajin, lem tentunya bukan hal baru lagi. Tapi alat perekat ini bukan cuma digunakan untuk membuat kerjainan tangan loh! Pasalnya banyak jenis lem yang beraneka ragam dan berbeda sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah lem untu kain. Dengan alat perekat ini masalah seperti baju atau celana yang robek bisa diatasi.

Fungsi Lem untuk Kain

Lem Untuk Kain
Fungsi Lem untuk Kain

Penggunaan lem dalam kain biasanya tidak dianjurkan, tetapi dalam keadaan tertentu alat perekat ini menajadi solusi tepat. Befungsi untuk merekatkan kain bermasalah seperti robek dan sebagainya, menempelkan properti dalam kain dan membuat suatu kostum. Selain itu, penggunaan lem untuk kain juga dapat mempermudah Anda memperbaiki kain tanpa harus pergi ke tukang penjahit.

Cara Memilih Lem untuk Kain

Cara Memilih Lem untuk Kain
Cara Memilih Lem untuk Kain

Lem kain memiliki banyak bentuk, mulai dari padat hingga cair. Bentuk dari lem kain tidak menunjukkan kualitas dari kain. Jadi bentuk lem yang padat belum tentu lebih bagus dari lem yang berbentuk cair. Untuk menentukan lem yang bagus untuk kain, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika memilih lem kain.

1. Cari lem yang mudah digunakan

Penggunaan yang mudah pastinya akan membantu Anda dalam menempelkan properti atau memperbaiki baju. Lebih baik dalam memilih lem kain, Anda pilih lem yang simple digunakan dan tidak ribet. Jadi ketika ingin buru-buru membenahi kain Anda, dengan cepat bisa menyelesaikannya.

Selain itu, dengan kemudahan dalam menggunakan lem Anda tidak perlu membuang-buang banyak banyak. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengelem kain.

2. Pilih lem dengan harga ekonomis

Lem dengan harga ekonomis biasanya berbentuk padat. Memiliki keunggulan lebih cepat kering dari lem cair. Selain itu lem padat ketika digunakan juga tidak mudah meluber. Tetapi kekurangan dari lem padat sendiri yaitu daya rekatnya yang tidak begitu kuat. Memang kebanyakan lem yang memiliki harga ekonomis berbentuk padat. Tetapi bisa saja Anda menemukan yang cair juga.

3. Cari lem yang simple

Sistem penggunaan lem juga perlu diperhatikan. Semakin mudah penggunaan lem maka akan membuat Anda semakin mudah dalam mengelem kain Anda. Selain itu, Anda pilih lem yang mudah dibawa kemana-mana. Supaya ketika Anda membutuhkan lem, Anda bisa menemukannya dengan cepat.

Sekarang terdapat juga lem cair yang berbentuk pena, jadi Anda bisa membawa kemana-mana. Dengan kemasan yang simpel akan lebih mudah dibawa kemana-mana.

Cara Menggunakan Lem untuk Kain

Cara Menggunakan Lem untuk Kain
Cara Menggunakan Lem untuk Kain

Dalam penggunaan lem kain untuk jenis padat dan cair ada perbedaannya sedikit. Untuk lebih lanjut bagaimana penggunaannya. Berikut ulasannya. Untuk lem padat, cara menggunakannya yaitu dengan cara dibakar, lalu ditempelkan pada kain. Setelah itu tunggu beberapa menit maka lem sudah kering. Lem padat memang cepat mengering, tetapi memang daya rekat lem padat lebih rendah.

Untuk lem cair, cara menggunakannya yaitu ambil sedikit lem kain, kemudian taruh dalam bagian kain yang mau ditempel, lalu tempelkan properti pada kain yang sudah diberikan lem jika memang properti yang akan ditempelkan. Tetapi jika kain lain yang akan ditempelkan maka tempelkan kain lain pada kain yang sudah diberikan lem. Jika sudah tunggu beberapa menit maka lem sudah mengering.

Dari setiap jenis lem kain biasanya penggunaannya juga berbeda. Diatas merupakan cara menggunakan lem berdasarkan bentuk lemnya yaitu padat atau cair. Ada beberapa jenis lem yang cara penggunaannya cukup berbeda, ada yang berbentuk kertas sehingga cara penggunaannya tinggal ditempel saja, dan ada juga jenis lainnya.

Jenis-jenis Lem untuk Kain

Lem Untuk Kain memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui. Beberapa lem kain juga memiliki kualitas tinggi. Kualitas bisa dilihat dari daya rekatnya yang cukup kuat pada kain. Berikut jenis-jenis lem untuk kain…

1. Lem Lilin

Lem Lilin
Lem Lilin

Alat perekat berbentuk seperti lilin. Dalam penggunaannya juga seperti lilin jadi harus dibakar terlebih dahulu. Lem lilin termasuk lem yang padat. Penggunaan lem lilin harus dengan hati-hati karena lem lilin harus dibakar terlebih dahulu jadi bahaya jika tidak hati-hati. Jadi harus berhati-hati ketika menggunakan lem lilin.

Kelebihan dari lem lilin sendiri yaitu mudah digunakan dan lemnya mudah kering. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengeringkan lemnya. Lem lilin memang sering digunakan untuk mengelem kain atau properti lainnya yang akan ditempelkan pada kain. Karena penggunaannya yang sangat mudah jadi lem ini sering digunakan para penjahit.

Rentang Harga Rp 1.000 – Rp 6.000
Cek Lem Lilin Selengkapnya

Baca Juga : Kenali Model Model pembelajaran yang Tepat & Efektif Untuk Si Kecil

2. Lem Kayu Fox

Lem Fox
Lem Kayu

Alat perekat ini bertekstur kental. Lem ini biasanya berwarna putih. Dalam penggunaannya, lem kayu diambil sedikit kemudian tinggal ditaruh dikain yang mau dilem. Sebelum dilem, kain harus dilapisi kertas karton terlebih dahulu supaya lem bisa digunakan dengan baik.

Kelebihan yang dimiliki lem kayu ini memang pada penggunaannya. Penggunaan lem kayu sangat mudah tetapi untuk proses mengeringnya cukup lama jadi tidak bisa langsung kering karena memang bahannya dari bahan cair. Berbeda dengan lem lilin yang terbuat dari bahan padat.

Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 100.000
Cek Lem Kayu Fox Selengkapnya

3. Lem UHU

Lem UHU

Lem UHU merupakan jenis lem yang berbentuk stick dan cair. Bentuk stick merupakan bentuk padat dari lem UHU, berbeda dengan yang cair. Lem UHU cair merupakan lem yang digunakan pada kain . Memiliki bau yang sangat khas dan menyengat. Tapilebih aman daripada lem lainnya.

Keunggulan lem ini yaitu memiliki kekuatan melekat yang lebih erat. Sehingga properti yang ditempelkan pada kain lebih kuat dipandingkan perekat lainnya. Jadi, bagi Anda yang ingin melekatkan properti yang cukup banyak lebih baik memilih lem UHU ini. Supaya nanti lebih merekat dan hasilnya bagus.

Rentang Harga Rp 10.000 – Rp 60.000
Cek Lem UHU Selengkapnya

Dengan adanya beberapa jenis-jenis lem untuk kain, maka Anda bisa memilih jenis lem yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menggunakan lem kain yang cepat mengering maka pilihlah lem yang berbentuk padat. Jika Anda ingin memilih lem yang penggunaannya lebih mudah maka Anda dapat memilih lem kain yang cair.

Beberapa rekomendasi jenis lem diatas, semoga Anda dapat menentukan lem mana yang bisa Anda gunakan untuk kain Anda. Anda harus mengetahui lem yang bagus dan berkualitas supaya hasilnya nanti juga memuaskan. Jadi jangan sampai Anda memillih asal-asalan lem kain, karena nanti bisa saja merusak kain Anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *