Cara Membuat Kerupuk Bawang Renyah Dari Bahan Sederhana

3 min read

Cara Membuat Kerupuk Bawang Dari Bahan Sederhana

Makanan di Indonesia memang sangat beragam, mulai dari makanan berat, jajanan, sampai makanan pelengkap yang populer dan dicintai oleh masyarakat Indonesia, apalagi kalau bukan kerupuk.

Bertekstur renyah dan hampir selalu menjadi teman sejati saat beraktivitas makan. Kerupuk sendiri bisa ditemui di pasaran dengan mudah, maupun membuatnya sendiri dengan bahan sederhana.

Pelengkap Makanan Favorit

Kerupuk Pelengkap Makanan Favorit

Siapa yang tidak tahu kerupuk, makanan yang satu ini memang memiliki tekstur yang renyah serta menyenangkan untuk dimakan. Di indonesia makanan ini sangat populer dan biasa digunakan sebagai makanan pengganti laut atau sebagai pelengkap makan. Seperti yang anda tahu, kepopuleran kerupuk indonesia sangatlah besar. Tentu setiap orang Indonesia tahu dan suka dengan kerupuk.

Makanya tidak heran jika di pasaran tidak hanya satu jenis kerupuk yang bisa anda temukan. Anda bisa menemukan berbagai jenis kerupuk dengan berbagai rasa, tentunya dengan bahan pembuat yang berbeda. Pasti anda bisa dengan mudah menemukan penjual kerupuk baik yang masih mentah maupun yang sudah matang di lingkungan sekitar anda atau pasar. Halo itulah yang membuat kerupuk menjadi sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, hal lain yang membuat kerupuk populer adalah harganya yang terjangkau. Dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya. Namun yang menjadi masalah adalah bahan untuk membuat kerupuk dari pabrikan. Karena sudah banyak kasus terjadi, bahwa kerupuk tertentu yang beredar dipasaran mengandung bahan berbahaya atau menggunakan bahan yang tidak seharusnya digunakan untuk kerupuk atau makanan.

Jenis Kerupuk di Pasaran Indonesia

Kerupuk memang memiliki berbagai varian dan jenis, sejak membedakan bisa dari cara membuat ataupun bahan yang digunakan serta ukuran kerupuk. Perbedaan tersebut memang mencolok terlebih lagi rasa kerupuk nya. Ada kerupuk yang berbahan dasar ikan sehingga memiliki rasa ikan yang gurih serta enak. Selain ikan ada juga kerupuk udang yang sudah banyak digemari serta menjadi sangat populer.

Kalau sekarang sudah ada banyak kerupuk inovasi, jadi bukan hanya rasa atau bahannya saja namun juga bentuk serta warnanya. Tentunya anda tidak mau kan, tertipu dengan kerupuk yang mengandung bahan berbahaya namun tidak nampak. Makanya anda perlu tahu cara membuat kerupuk sendiri di rumah. Kalau anda bingung mau membuat kerupuk apa terlebih untuk kerupuk ikan atau udang terlihat sulit, kerupuk bawang bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 10 Desain Sekat Ruang Tamu yang Simpel & Cantik

Mengapa harus kerupuk bawang, karena kerupuk bawang itu adalah kerupuk yang sederhana namun memiliki rasa yang gurih dan enak. Cara membuat kerupuk bawang juga relatif mudah dibandingkan dengan jenis kerupuk yang lain. Bukan hanya dari cara membuatnya namun juga bahan-bahan kerupuk yang mudah didapatkan. maka anda akan mendapatkan kerupuk higienis buatan sendiri kalau tahu cara membuatnya.

Cara Membuat Kerupuk Bawang ala Rumahan

Sebelum membuat kerupuk bawang, maka Anda harus tau bahan-bahan apa yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kerupuk bawang yang gurih adalah….

  • Daun pisang secukupnya, yang digunakan sebagai pembungkus
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air yang sudah matang secukupnya
  • Dua batang seledri yang sudah dicincang halus
  • Satu sendok teh soda kue
  • Tiga sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Seperempat sendok teh merica bubuk
  • Tiga sendok teh ketumbar bubuk
  • Sepuluh putri bawang merah yang sudah dihaluskan
  • Lima belas siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Satu kg tepung terigu yang memiliki kualitas bagus

Langkah-langkah Membuat Kerupuk Bawang

Setelah bahan untuk membuat kerupuk bawang siap, maka anda perlu mengikuti cara membuatnya berikut ini.

  • Pertama, siapkan satu wajah untuk membuat adonan kerupuk bawang. Wadah yang anda gunakan harus cukup untuk menampung seluruh adonan jangan sampai kurang atau pas.
  • Kedua, masukkan semua bahan adonan kerupuk ke dalam wadah yang sudah anda siapkan. masukkan semua bahan yang sudah tertera pada daftar di atas tanpa terkecuali.
  • Ketiga, setelah semua bahan masuk ke dalam wadah anda bisa memasukkan air ke dalam wadah yang berisi semua bahan dan tepung. Ketika memasukkan airnya jangan langsung semua, masukkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Mengaduk adonan nya terus hingga adonan berubah menjadi kalis dan mudah dibentuk.
  • Keempat, kalau adonan kerupuk sudah bisa dibentuk dan tidak lengket anda gulung adonannya memanjang. Ketika membentuk adonan anda bisa menggunakan daun pisang untuk menggulung adonan kerupuk bawang. Kalau adonan kerupuk bawang sudah tergolong tergulung, anda bisa menyiapkan kukusan. Jika sudah panas ku kosannya anda kukus adonan nya selama kurang lebih 3 jam.
  • Kelima, jika sudah 3 jam anda bisa mengangkat adonan dan mendiamkan hingga mendingin. Setelah adonannya sudah dingin, anda bisa memilih adonan tipis tipis seperti kerupuk. Jika kerupuk sudah terbentuk, anda bisa mengeringkan nya dengan cara dijemur di bawah terik matahari sampai benar benar kering.
  • Keenam, kalau kerupuk mentah nya sudah jadi dan kering maka bisa anda angkat. Setelah itu anda bisa menyimpannya atau mengolahnya menjadi kerupuk siap konsumsi.
  • Ketujuh, untuk menggoreng kerupuk nya anda bisa memanaskan minyak goreng di wajan. Kemudian setelah panas anda bisa menggoreng kerupuk mentah yang sudah kering pada minyak panas. Setelah itu anda goreng sampai mereka dan terlihat matang serta tidak gosong. Kerupuk yang sudah matang bisa anda angkat dan tiriskan minyaknya.
  • Kedelapan, kerupuk bawang yang minyaknya sudah tiris bisa anda masukkan ke dalam toples dan menyajikan nya untuk makanan pelengkap atau camilan.

Mudah bukan membuat kerupuk bawang sendiri? Sebab membuat kerupuk bawang itu sederhana dan bisa dipraktekkan di rumah. Terlebih lagi bahan baku juga sangat mudah ditemukan di warung atau minimarket terdekat sekitar anda.

Rentang harga Rp38-000 – Rp70.000
Cek Kerupuk Bawang Selengkapnya

Hal paling penting dalam membuat kerupuk sendiri adalah Anda bisa menjamin kualitas serta kehigienisannya. Sehingga, Anda bisa menghindarkan keluarga supaya tidak mengonsumsi kerupuk yang mengandung bahan baku yang kurang jelas di pasaran. Jadi, bisa dibilang lebih sehat serta lebih aman untuk dikonsumsi. Mudah bukan cara membuat kerupuk bawang ? Yuk, praktek sendiri di rumah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *