Panduan Cara Memasang Gas yang Benar & Aman

3 min read

Trik Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Tabung Gas

Kurang tepatnya memasang tabung gas bisa berdampak berbahaya, dan meskipun sudah sering disosialisasikan oleh pemerintah mengenai cara memasang gas yang benar, rupanya masih banyak masyarakat yang belum tahu dan merasa takut.

Untuk itu, Anda harus belajar memasang gas sendiri. Tenang, tidak perlu khawatir karena sebenarnya pemasangan gas ini sangat mudah. Cukup pahami step by step yang harus dipahami.

Trik Mudah Ketika Pemasangan Selang Ke Regulator

cara memasang gas
Trik Mudah Ketika Pemasangan Selang Ke Regulator

Sebetulnya jika dilihat secara umum, ada dua langkah yang pada cara memasang gas, dan langkah pertama ialah proses dalam pemasangan regulator yang benar. Tentu saja selain yang digunakan adalah film khusus yang mempunyai fungsi penting dalam mengalirkan gas dari tabung ke dalam kompor yang digunakan.

Itulah mengapa, langkah pertama ini memang sangat wajib untuk diperhatikan sebab banyak sekali orang yang melakukan pemasangan yang tidak sesuai dengan tata cara pemasangan selang. Sehingga tak heran jika banyak sekali kecelakaan yang dikenakan tabung gas, sebab memasang selang regulator yang tidak aman.

Nah, untuk Anda yang penasaran ketika memasang selang gas dan regulator yang benar berikut penjelasannya:

Pertama, Anda wajib melakukan pemasangan dari salah satu ujung selang pada bagian dalam pipa gas yang letaknya pada area belakang kompor.

Selanjutnya, Anda harus memasangkan cincin penjepit gas pada bagian ujung pipa yang sudah disambungkan dengan selang tersebut. Dengan adanya pemakaian dari cincin penjepit inilah maka selang bisa lebih aman ketika digunakan. Yang mana cincin penjepit tersebut terbuat dari bahan logam yang bisa dikencangkan dengan obeng.

Kemudian pastikan pada bagian ujung selang yang sudah tersambung dengan kuat pada pipa gas pada bagian belakang kompor tersebut. Dan pastikan pula jika telah dikencangkan dengan cincin penjepit yang sudah terpasang dengan kuat.

Terakhir Anda perlu memasang ujung selang satunya ke dalam pipa regulator gas. Hampir sama dengan langkah yang kedua di mana pada bagian sambungan di regulator wajib dikerjakan dengan menggunakan cincin penjepit sehingga lebih aman. Yang selanjutnya selang dimasukkan kebagian regulator dengan benar.

Baca Juga: 5 Resep Beef Steak Super Enak Ala Menu Restaurant

Memasang Gas Pada Kompor Dengan Langkah Tepat

Memasang Gas Pada Kompor Dengan Langkah Tepat
Memasang Gas Pada Kompor Dengan Langkah Tepat

Nah, pada metode atau cara memasang gas harus betul-betul memakai cara yang tepat dan juga benar. Dan untuk langkah yang pertama Anda harus membuka segel plastik yang menjadi penutup tabung gas. Pastikan pula plastik segel tidak rusak karena juga dapat mempengaruhi kualitas gas.

Untuk langkah berikutnya Anda harus memasang rubber seal atau juga disebut sebagai pelindung karet pada tabung gas. Yang umumnya perangkat ini memiliki bentuk seperti halnya cincin dengan warna merah yang ukurannya cukup kecil.

Lalu regulator diposisikan tepat pada bagian atas lubang gas ia kemudian Anda harus memastikan jika posisinya tegak lurus sehingga tidak akan terjadi kebocoran gas. Dan tabung gas beserta regulator bisa terpasang dengan sempurna dan baik.

Apabila sambungan dapat terpasang dengan aman dan baik maka bisa dipastikan kebakaran pun tidak akan terjadi. Lalu regulator dikunci dengan cara memutar kuas kearah kanan 180 derajat.

Ketika regulator telah terpasang pada tabung gas Anda juga harus memastikan tidak adanya kebocoran dengan cara mengecek Apakah tercium aroma gas dan terdengar suara desis.

Ketika regulator telah terpasang Anda bisa mencoba menyalakan pemantik api pada kompor Apakah gas tersebut betul-betul mengalir ke kompor.

Trik Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Tabung Gas

Trik Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Tabung Gas
Trik Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Tabung Gas

Jika memang Anda telah melakukan cara memasang gas yang betul-betul sesuai dengan metode. Lalu Anda juga harus memperhatikan lagi dalam proses pemasangannya. karena fakta juga bermunculan terjadinya kecelakaan seperti kebakaran dikarenakan faktor tidak memperhatikan kualitas ketika membeli tabung gas.

Di mana Anda harus membeli tabung gas di toko resmi lalu Anda juga harus mengecek, apakah kondisi segel plastik pada tabung tersebut masih baik. Lalu ada juga harus memastikan jika kondisi pelindung karet terpasang dengan baik.

Berikutnya Anda juga harus mengecek Apakah regulator yang anda pakai telah berstandart Nasional Indonesia. Kalau ada juga perlu mengatur posisi selang sehingga jauh dari api kompor. Penyimpanan dari tabung pun juga harus di tempat yang betul-betul aman.

Metode Pemasangan Tabung Gas yang Aman

Trik Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Tabung Gas
Source: Google Image

Ketika Anda ingin memasang tabung gas, maka pastikan jika sirkulasi udara yang ada di dapur mau bertobat dan lancar karena hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya sebuah ledakan jika tabung gas mengalami kebocoran. Maka dari itu Anda harus membuka pintu atau jendela lebar-lebar jika proses pemasangan gas.

Kemudian sebelum Anda melakukan pemasangan listrik harus memastikan jika tabung gas tersebut tidak mengalami kebocoran. Hal seperti ini memang sangat patut untuk diwaspadai, pasalnya jika terdapat tabung gas yang sudah terindikasi mengalami kebocoran tentu akan menyebabkan kebakaran ketika disambungkan dengan selang kompor ketika dinyalakan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jika kompor berada dalam keadaan yang mati sebelum anda melakukan pemasangan tabung gas. Dengan cara memasang gas ini Anda pun memutus aliran gas dari tabung kompor dan akan meminimalisir terjadinya sebuah kebakaran.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana rubber seal masih dalam keadaan yang lentur, tidak sobek dan juga halus. Sebab rubber seal ini merupakan karet yang mengelilingi leher tabung yang sangat berguna untuk menahan tekanan jarum yang ada pada regulator. Dan apabila ketika Anda membeli tabung namun rubber seal mengalami kondisi yang tidak baik maka anda bisa menukarnya.

Dan setelah Anda betul-betul memastikan jika pensil tersebut terpasang dengan sempurna, maka langkah yang berikutnya ialah pemasangan dari regulator. Anda harus memasang regulator dengan posisi yang tegak lurus ke bagian arah leher tabung. Anda juga harus menekan dengan sekuat tenaga sehingga jarum regulator tersebut betul-betul menancap pada bagian leher tabung.

Ketika sudah terpasang dengan benar, maka Anda harus memutar pengunci pada samping regulator yang mana diputar hingga 180 derajat. Umumnya indikator pada jarum pengukur tekanan tersebut akan bergerak menuju ke arah kanan apabila regulator telah terpasang dengan sempurna.

Namun, ketika Anda masih mendengar suara mendesis ketika regulator telah terpasang pada gas, Anda harus segera melepas regulator lalu ganti dengan rubber seal yang lain. Pergantian dari karet regulator memang seringkali dilakukan oleh beberapa orang karena terjadi kebocoran meskipun regulator telah terpasang. Dan pastikan jika tidak terdengar suara lagi sebelum menyalakan kompor.

Nah, dari beberapa cara yang telah dijelaskan di atas tentu akan membuat Anda lebih waspada ketika melakukan pemasangan. Yang pasti Anda pun bisa mengetahui apakah selama ini telah melakukan pemasangan gas dengan benar dan baik. Selamat mencoba….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *