Macam-Macam Warna Coklat di Dalam Dunia Desain

Tahukah Anda, bahwa warna yang sering kali kita lihat memiliki kode-kode tertentu? Sebut saja merah, ada berbagai macam warna merah seperti merah maroon, merah muda, merah darah, merah hati, dll. Nah, kenapa Anda harus mengetahui kode warna? Karena kode warna sangatlah penting ketika Anda menginginkan sesuatu dan akan begitu repot jika kita tidak detail dalam menyebutkan nama warna.

Dalam dunia desain, keterlibatan warna sangatlah penting. Sebab itulah Anda harus tau mengenai beberapa warna yang cenderung memiliki nama yang hampir sama namun rupa yang berbeda. Jangan sampai Anda salah menyebutkan warna ataupun kodenya.

Dalam dunia desain pula pengaruh warna sangatlah penting untuk itu perlu banyak pengetahuan tentang berbagai warna tersebut. Sebut saja warna coklat, ternyata warna coklat juga ada bermacam-macam loh. Berikut ini akan kami sajikan beberapa macam warna coklat beserta kodenya yang perlu Anda ketahui.

Macam-macam Warna Coklat

Seperti yang kita tahu bahwa segala jenis warna yang kita lihat adalah hasil campuran dari warna primer. Warna primer ada tiga macam yaitu, merah, kuning, dan biru. Nah, warna-warna yang tersebut itulah yang dapat dijadikan berbagai macam jenis warna. Campuran warna merah, kuning dan hitam. Bisa juga dibuat dengan kombinasi warna orange dan hitam yang ditakar sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan. Warna coklat memiliki kode hex #964B00.

Warna Beaver – Kode Warna 9F8170

Nama beaver sendiri adalah nama yang diambil dari nama hewan pengerat yang berasal dari amerika Utara dan Eropa yang dapat hidup di dua alam yakni air dan darat. Warna beaver tercatat dalam nama warna sebenarnya sudah sejak tahun 1705.

Nah, warna beaver dalam ruang RGB memiliki  atau terdiri atas 62.4 % warna merah, 50.6% warna hijau dan 43.9 % warna biru. CMYK terdiri atas 0 % cyan, 18.9 % magenta, 29.6 % kuning dan 37.6 % hitam. Sudut resonansi yang dimiliki oleh warna beaver adalah 21,7 derajat dengan saturasi 19.7 % dan ringan sebanyak 53,2 %. Anda dapat memperoleh hex #9F8170 dengan memadukan  #FFFFE0 dan #3F0300.

Warna beaver sendiri sudah sangatlah lama digunakan jauh sebelum ditetakan sebagai nama warna. Warna beaver terlihat seperti warna coklat yang sedikit muda dari pada warna coklat yang kita ketahui biasanya.  Warna beaver sendiri sudah banyak digunakan di berbagai macam produk jadi seperti tas, pakaian, boneka, hijab dan lain sebagainya.

Warna Khaki – Kode Warna #C3B091

Apa Anda sudah tau apa itu warna khaki? Nah, jika belum warna khaki adalah warna kuning kecoklatan sehingga nuasanya lebih mengarah ke warna yang lebih muda. Khaki sendiri berarti tanah berwarna, warna abu atau warna tanah karena nama khaki berasal dari bahasa Urdu atau Hindi. Warna khaki memiliki kode warna #C3B091

Warna yang biasanya digunakan sebagai warna seragam militer ini berguna untuk kamuflase bagi penggunanya untuk mengelabuhi musuh. Kenapa? Karena warna khaki memiliki warna seperti tanah. Sedangkan, warna aki telah lama digunakan oleh inggris sebagai kostum untuk bala tentaranya sejak tahun 1848. Perkembangan yang terus menerus membuat warna khaki menjadi warna pilihan dalam dunia militer sehingga tidak hanya inggris yang menggunakan warna khaki tapi juga mencapai Amerika Serikat.

Warna khaki yang kita sebutkan kali ini juga ada bermacam-macam, yaitu warna khaki tua (#BDB76B), warna khaki muda (F0E68C), dan warna khaki green (#5F6C24). Warna khaki juga sering disebut sebagai warna chinos padahal dua warna ini sangatlah berbeda. Warna khaki lebih tebal dari warna chinos meskipun jika dilihat secara kasat mata warna ini adalah sama.

Baca Juga: Istirahat Nyaman Pakai 5 Lampu Kamar Tidur Berkualitas

Warna Raw Umber – Kode Warna #826644

Warna raw umber memiliki kode warna heksadesimal #826644 kode warna ini menunjukkan warna gelap sedang seperti bayangan warna coklat. Kode warna #826644 adalah terdiri dari 26.67 % warna biru, 40% warna hijau, dan 50.98 % warna merah, ini jika dilihat dalam model warna RGB. Sedangkan jika dilihat dalam ruang warna HSL kode warna tersebut memiliki hue 33 derajat, 30 % saturasi, dan 39% penerangan. Panjang gelombang dari warna raw umber sendiri memiliki panjang 581.21 nm.

Jika dilihat dalam ruang CMYK, #826644 terdiri dari 0 % cyan, 21.5 % magenta, 47,7 % kuning, dan untuk 49 % adalah hitam. Warna dengan kode #826644 ini dapat diperoleh jika Anda memadukan #ffcc88 dengan kode #050000.

Warna Russet – Kode Warna #80461B

Warna russet sendiri adalah warna dengan representasi coklat muda. Russet sendiri adalah kain kasar yang terbuat dari wol, dan di Negara inggris kain russet digunakan sebagai pakaian orang-orang miskin. Mereka diwajibkan memaki kain russet ini.

Dalam bahasa inggris russet berarti coklat kemerah-merahan yang sedikit pucat dengan hex #84061b ini memiliki wilayah RGB 128, 70, 27 atau 50.2 % merah, 27.5 % hijau, dan 10.6 % biru. Jika dilihat dalam ruang warna CMYK warna russet terdiri dari 0 % cyan, 45,3 % magenta, 78.9 % kuning, 49.8 % hitam. Rona warnanya memiliki sudut 25,5 derajat, dengan saturasi sebanyak 65,2 % dan ringan sekitar 30.4 %.

Shades dan tints dari kode warna #80461B dapat dicapai jika ditambahkan warna hitam dibawa ke warna murni. Sementara warna yang dibuat dengan cara mencampurkannya dari warna putih ke warna murni. Dalam jenis ini warna dengan kode #0f0803 adalah termasuk warna paling gelap dan untuk warna paling muda adalah #FFFEFD.

Warna Buff – Kode Warna #F0DC82

Diambil dari warna dari kulit binatang yang belum diolah. Jadi, warnanya seperti kuning ke abu-abuan. Warna buff ini juga dapat dilihat dari warna padang sir serta bebatuan dan tebing.

Warna dengan hex #F0DC82 ini jika dilihat dalam ruang RGB terdiri atas 94.1 % warna merah, 86.3 % warna hijau, dan 51 % warna biru. Untuk CMYK terdiri atas 0 % cyan, 8.3 % magenta, 45.8 % kuning, dan 5.9 % hitam. Warna dengan kode #F0DC82 ini memiliki sudut rona sebesar 49.1 derajat dengan saturasi 78.6 % dan ringan 72.5 %. Anda dapat memperoleh warna ini dengan memadukan hex #FFFFFF dengan #E1B905.

Warna coklat sendiri dipercaya sebagai lambang kehangatan, rasa aman, keanggunan serta kejujuran. Warna ini juga dipercaya dapat menenangkan siapa saja yang menatapnya dan dalam ilmu psikologi orang-orang yang cenderung menyukai warna coklat adalah jenis orang yang lebih mudah didekati serta ramah.

Warna coklat sendiri biasanya dapat memberikan sugesti untuk merangsang rasa lapar pada seseorang. Mungkin hal ini juga yang membuat beberapa restoran atau tempat makan memilih warna coklat sebagai desain interior mereka.

HobiInteriorMacam macam warna coklat