5 Merk Mie Ayam Bakso yang Enak dan Murah

3 min read

5 Merk Mie Ayam Bakso Yang Enak

Anda pasti tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini yaitu mie, dimana menjadi makanan yang biasanya dapat menjadi pengganti nasi.

Di samping itu mie juga menjadi menu yang mudah dibuat, dan ditemukan dalam menu di berbagai tempat makan, yang dapat diolah dengan berbagai variasi seperti di buat berkuah lalu dicampur dengan potongan daging ayam, & sayur. Biasanya juga ditambahkan dengan pentol bakso atau diberi nama mie ayam bakso.

Sejarah Mie

Sejarah mencatat bahwa mie pertama kali dibuat di daratan Cina yakni pada masa pemerintahan Dinasti Han yang akhirnya terus menyebar dan meluas ke berbagai Negara. Meniti perkembangannya, mie dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok, mie yang biasanya tersedia di pasaran adalah mie kering dan mie basah yang perbedaannya hanya meliputi kadar air dan tahapan proses.

Kini, tidak hanya mie instan saja yang bisa kamu nikmati saat di rumah tidak ada makanan. Merk mie olahan kini kian bermunculan di Indonesia. Beberapa diantaranya biasa digunakan sebagai olahan mie ayam atau campuran bakso. Saking banyaknya merk yang bermunculan, berikut ada rekomendasi beberapa merk mie ayam enak yang wajib dicoba…

Merk Mie Ayam Bakso

Mie Burung Dara

Mie Burung Dara

Siapa yang tak tahu dengan merk mie yang satu ini, iklannya sudah banyak bermunculan di stasiun tv Indonesia. Rasanya yang kenal dan juga enak kian diminati berbagai kalangan masyarakat. Salah satu mie yang sedang popular di daerah Surabaya ini juga dijual dengan harga murah, sehingga tak jarang banyak pedagang mi ayam maupun bakso menggunakan mie burung dara sebagai bahan dasar mienya.

Mie burung dara di jual dengan harga Rp. 49.500,00 per dos yang setiap dos berisi 6 renteng  yang setiap rentengnya berisi 6 pak mie. Kini, mie burung dara juga mengeluarkan beberapa varian misalnya saja mie burung dara pipih yang laris di pasaran karena sangat enak dan kenyal, kemasannya pun terbilang kecil sehingga bisa digunakan sebagai sajian di rumah.

Mie burung dara adalah merk mie yang dikeluarkan oleh Suprama yang sejak awal kemunculannya pada tahun 1972 semakin mengembangkan sayapnya.

Mie Telur Cap 3 Ayam

Mie Telur Cap 3 Ayam

Mie telur cap 3 ayam memiliki beberapa keunggulan yakni mie yang telah dikeringkan dengan suhu tinggi sangat meminimalkan kadar air yang terkandung di dalamnya sehingga akan mencegah perkembangan mikroorganisme yang buruk pada mie. Mie cap 3 ayam juga tidak mengandung bahan pengawet tambahan.

Terdapat dua macam mie cap 3 ayam yaitu mie telur 3 ayam bungkus kuning yang bentuk mie lebih keriting dan mie telur 3 ayam bungkus merah yang mie nya berbentuk agak bulat. Mie yang memiliki tekstur lembut dan gurih ini adalah salah satu produk dar Indofood sangat cocok jika dijadikan olahan seperti mie ayam ataupun mie bakso.

Mie telur 3 ayam seberat 200 gram biasa dijual dengan harga Rp. 4.000,00. Sedangkan untuk harga per dusnya dijual Rp. 72.000 yang setiap dusnya terdapat 20 bungkus mie telur 3 ayam.

Mie Telur Kuda Menjangan

Mie Telur Kuda Menjangan

Nah, untuk Anda pedagang mie atau bakso Anda bisa menggunakan mie dengan merk kuda menjangan sebagai mienya. Mie yang enak ini adalah produksi dari kota sidoarjo yang kini sudah tersebar dimana-mana. Mienya tidak terlalu lembek jika dimasak, teksturnya yang kenal menjadikan mie merk ini sangat rekomended untuk dijadikan berbagai olehan.

Untuk satu bungkus mie telur kuda menjangan dengan berat 200 g dibanderol dengan harga Rp. 5.000,00,- yang sudah bisa dibeli di toko-toko terdekat. Anda juga bisa membelinya melalui online. Terdapat dua varian mie kuda menjangan yaitu varian halus dan mie yang berbentuk lebar pipih.

Mie Keriting Telur

MIe Kriting Telur

Berwarna kuning pudar dan biasanya dijual dengan harga 5000 rupiah per bungkusnya ini sudah menyebar ke berbagai daerah dan isinya pun banyak sehingga mengenyangkan dan bisa untuk beberapa porsi makan. harga yang terjangkau dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak jika Anda adalah seorang yang berjualan. Mie Keriting Telur mas ini bisa dibuat olahan mie ayam ataupun bakso.

5. Mie Yi Jian

Untuk produk mie yi jian tersedia dalam varian mie kecil dan mie kwetiau (mie gepeng). Merk mie yang sudah lama beredar ini bisa Anda jumpai di superindo yang dibanderol dengan harga Rp. 6.200,00,-

Bentuk mie yi jian yang lebar sangat cocok digunakan untuk olahan mie ayam maupun bakso. Mie nya padat dan tidak mudah hancur sehingga enak dan gampang untuk dimasak. Mie yi jian juga telah memiliki label halal di produknya jadi sangat aman dikonsumsi.

Untuk Anda yang ingin membuka usaha berbagai olahan mie setidaknya mengetahui beberapa tips dalam memilih mie yang akan digunakan. Ada banyak merk yang beredar di pasaran, dan dalam beberapa waktu ini ada berita tentang mie yang berformalin. Untuk itu, beberapa tips berikut ini juga layak Anda simak.

Tips memilih mie yang layak konsumsi

  1. Pilih mie yang memiliki tekstur lembut dan jangan yang terlalu kaku
  2. Mie dengan warna kuning alami bukan yang kuning mencolok karena biasanya mie yang berwarna terlalu mencolok mengandung formalin
  3. Coba pegang mie kering dan remaslah jika mie masih menyatu atau sedikit hancur, hal ini berarti mie tersebut bebas dari formalin. Sedangkan, jika setelah diremas tidak ada perubahan bentuk dapat dianggap mie tersebut mengandung formalin.
  4. Sebelum diolah menjadi mie ayam dan bakso rebus dahulu mie kuning lalu buanglah air rebusan dan jangan dipakai untuk merebus mie lagi.
  5. Perhatikan tanggal kadaluarsanya. Jangan Anda ataupun orang lain mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa karena akan berdampak pada kesehatan Anda.

Terdapat banyak sekali merk mie yang bisa Anda temukan di supermarket atau toko. Meskipun begitu bagi Anda pecinta mie dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi mie terlalu sering. Karena bisa mengakibatkan kegemukan yang tidak sehat serta mangganggu system pencernaan. Konsumsi mie hanya boleh 2 kali dalam seminggu, namun jika lebih dari dua kali mungkin terserang sindrom metaboli.

Jika sudah terbiasa makan mie disetiap harinya cobalah untuk mengurangi jumlah porsinya secara bertahap, dan imbangi juga dengan makan-makanan yang berserat dan kaya akan vitamin seperti buah dan sayur agar tubuh Anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *